Berita Kegiatan Kampus

#

Berantas Hoaks di Masa Pandemi, UKM Pandega Unisa dan Liputan6.com Gelar Webinar

UNISA, - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pandega Universitas Islam Al-Ihya Kuningan bekerjasama dengan Liputan6.com telah mengadakan webinar hari Jumat 2 Juli 2021. Kegiatan yang dimulai sejak pukul 14.00 WIB tersebut mengangkat tema “Pentingnya Jurnalistik Berantas Hoax di Masa Pandemi”. Hadir sebagai narasumber pada kegiatan tersebut Redaktur Pelaksana Liputan6.com Edu Krisnadefa, S.H., M.H dan Pegiat Cek Fakta Liputan6.com Karmin Winarta.

Kegiatan yang dipandu oleh Kabag Humas dan Kerjasama Unisa Sopandi, M.Pd tersebut, dibuka secara langsung oleh Rektor Unisa Kuningan Nurul Iman Hima Amrullah, S.Ag., M.Si. Dalam sambutannya, Rektor Unisa Nurul Iman menyampaikan bahwa di era sekarang, seorang individu tidak cukup hanya dengan memiliki kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual.

“Selain tiga kecerdasan tersebut, seseorang harus memiliki kecerdasaran digital. Kecerdasan digital ini penting, sebab dengan kecerdasan digital kita dapat terhindar dari opini-opini dan informasi yang kurang dapat dipertanggungjawabkan. Arus informasi yang tesebar diberbagai plaftfom media, boleh jadi tidak palsu atau menyesatkan. Oleh sebab itu, memiliki kecerdasan digital dibarengi dengan tiga kecerdasan lainnya dapat manjadi bekal bagi kita untuk dapat memfilter informasi,” paparnya.

Sebelum membuka secara resmi, Rektor Unisa Nurul Iman menyampaikan apresiasinya terhadapa UKM Pandega Unisa dan Liputan6.com, serta seluruh peserta yang mengikuti kegiatan webinar. “Semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini, setiap kita dapat mengambil pelajaran serta hikmah sehingga dapat bermanfaat bagi pribadi, keluarga, rekan, dan lingkungan tempat beraktivitas,” pungkasnya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan paparan materi dari Redaktur Pelaksana Liputan6.com Edu. Dirinya menerangkan tentang peran media dalam menangkal hoaks di era pandemi. Lebih dulu, Edu mengenalkan bahwa di Liputan6.com ada kanal yang bernama kanal cek fakta Liputan6.com. Kanal tersebut terselenggara atas kerjasama dengan International Fact Checking Network (IFCN), Facebook, Google News Initiative, Whatsapp, dan 24 Media Nasional.

“Kita ada juga Komunitas  Cek Fakta. Selain kanal Cek Fakta, Liputan6.com menggelar Virtual Class dan Roadshow Cek Fakta. Kegiatan tersebut bertujuan untuk ikut meningkatkan literasi masyarakat agar semakin cakap dalam memahami dan mengolah informasi yang didapatkan. Sebab menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia tahun 2021 dikatakan bahwa user internet di Indonesia lebih dari 200 juta jiwa yang boleh jadi menjadi pembuat informasi atau penyebar informasi. Oleh sebab itu penting kiranya kita untuk terus meningkatkan pengetahuan dalam segala hal sehingga mampu memilah informasi yang benar,” ujar Edu.

Lanjut, Edu menjelaskan ihwal fungsi media di era pandemi, media memiliki tiga fungsi yakni memberi informasi akurat corona covid-19; memberi informasi protokol kesehatan; dan menangkal hoaks. “Terdapat pula kendala bagi rekan-rekan media di era pandemi, misalnya kurang pengetahuan media; work form home/ physical distancing; serta resiko terpapar/ ODR. Maka penting juga bagi awak media senantiasa belajar tentang pengetuan medis, melakukan adaptasi kebiasaan baru, serta menjaga kesehatan,” terangnya,

Forum kemudian dilanjutkan dengan materi kedua dari Pegiat Cek Fakta Liputan6.com Karmin dengan topic bincang “Berantas Hoaks hindari Keluarga dari Kabar Dusta”. Dirinya mengatakan bahwa hoaks pelru diberantas sebab tiap individu adalah ‘media’; jumlah hoaks makin meresahkan; membahayakan sendi-sendi kehidupan; literasi digital yang rendah; dan post truth (era di mana beberapa orang hanya mau menerima informasi yang dirinya inginkan).***(HUMAS)

Share:

Testimoni

Bagaimana mereka bercerita tentang UNISA Kuningan

#

HUBUNGI KAMI

Jika ada pertanyaan anda dapat menghubungi kami melalui WhatsApp dengan cara mengklik tombol Contact US

  • #
  • #
  • #
  • #
  • #