Berita Kegiatan Kampus

#

Tiga Produk Tiga Desa, Mahasiswa Unisa Siap Sukseskan PHP2D Tahun 2021

UNISA, - Kabar gembira bagi mahasiswa Universitas Islam Al-Ihya Kuningan. Pasalnya, secara resmi tiga buah proposal mahasiswa Unisa Kuningan telah dinyatakan lolos dalam Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) Tahun 2021 sebagaimana surat yang diterima dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi  RI Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi tentang validasi substansi proposal yang dinyatakan lolos PHP2D Tahun 2021. Tiga proposal tersebut, Dua diantaranya proposal diusung oleh UKM Gempa Al-Ihya dan satu diusung oleh UKM KPM Unisa Kuningan.

“Untuk pembuatan dan pengajuan proposal PHP2D, sebelumnya saya bersama rekan-rekan Gempa Al-Ihya terlebih dahulu mengadakan rapat anggota untuk menentukkan judul dan dosen pembimbing. Kami juga sebelumnya berkoordinasi dengan dosen pembimbing dan desa terkait mengenai judul yang kami ajukan, apakah disetujui atau tidak oleh desa dan apakah sesuai dengan permasalahan yang sedang dihadapi atau tidak di desa tersebut,” ujar Ketua Gempa Al-Ihya Nova Rizky Sugena mahasiswa Prodi PAI Semester VIII.

Lebih lanjut, Ayu Wahyu Rahayu mahasiswa Prodi Ilmu Gizi semester IV yang juga pengurus Gempa Al-Ihya menjelaskan bahwa dua proposal yang diusung tersebut adalah pemanfaatan sampah organik melalui budidaya maggot di Desa Kertayasa Kecamatan Sindangagung yang didampingi oleh dosen sekaligus Kabag SDM Unisa Slamet Hadi Kusumah, S.Pd., MTP. Sementara yang kedua yaitu Keripik PAPAKU (Pare Gempa Kuningan) untuk mengembangkan potensi SDM/SDA di Desa Kadurama Kecamatan Ciawigebang dan didampingi oleh Kapordi Teknologi Pangan Suci Apsari Pebrianti, S.TP., M. SC.

Sementara dari UKM KPM menurut ketuanya, Asep Sunarya mahasiswa Prodi PAI semester IV menyampaikan bahwa dalam proposalnya mengusung Industri Kreatif Brownies Ganyong yang akan direalisasikan di Desa Ciasih Kecamatan Darma dan didampingi oleh Kabag Kemahasiswaan Unisa Asep Nugraha, S.Pd.I.

Baik Nova, Ayu, maupun Asep sepakat bahwa dengan lolosnya ajuan proposal mereka di PHP2D merupakan salah satu wujud bakti mahasiswa Unisa Kuningan dalam aspek sosial dan ekonomi kreatif di tengah-tengah masyarakat. Sebagai bagian dari keluarga besar Unisa, mereka siap sukseskan PHP2D Tahun 2021 dan berharap dengan PHP2D dapat turut serta berperan aktif dalam mendampingi masyarakat sehingga masyarakat dapat mandiri dan sejahtera ke depannya melalui edukasi dan kreativitas yang dibawa oleh Unisa.

Kabiro BAAK Unisa Aris Risdandi, S.E mengatakan bahwa dengan adanya surat dari Kemendikbudristek diharapkan mahasiswa menempuh seluruh prosedur administrasi dan menjalankan program dengan baik. "Kepada Gempa Al-Ihya dan KPM Unisa yang proposalnya lolos seleksi administrasi dimohon untuk segera melakukan pendaftaran akun dan mengunggah ulang proposal serta berkas-berkas persyaratan yang lain melalui laman http://php2d.kemdikbud.go.id./ dengan batas waktu tanggal 22 Mei 2021,” terangnya.

Sementara itu, Rektor Unisa Kuningan Nurul Iman Hima Amrullah, S.Ag., M.Si menyampaikan apresiasinya terhadap mahasiswa yang lolos PHP2D. “Saya harap rekan-rekan mahasiswa mampu optimal menjalankan setiap tahapan PHP2D. Kenalkan ide dan gagasan kepada masyarakat Kabupaten Kuningan. Sebagai generasi penerus bangsa, mahasiswa Unisa Kuningan harus mampu menjawab tantangan ke depan dengan kreativitas tanpa batas. Saya ucapkan selamat kepada UKM Gempa Al-Ihya dan KPM Unisa. Semoga semuanya berjalan lancar dan membawa berkah bagi kita semua,” pungkasnya.***(HUMAS)

Share:

Testimoni

Bagaimana mereka bercerita tentang UNISA Kuningan

#

HUBUNGI KAMI

Jika ada pertanyaan anda dapat menghubungi kami melalui WhatsApp dengan cara mengklik tombol Contact US

  • #
  • #
  • #
  • #
  • #